Alasan Bisnis UKM Menerapkan Mobile Payment

Jika Anda menebak ponsel, maka jawaban Anda sudah benar. Ponsel merupakan salah satu perangkat yang banyak digunakan dan telah menjadi barang yang wajib dimiliki.

Ketergantungan masyarakat akan ponsel sendiri bisa disebabkan oleh inovasi-inovasi yang dibuat pada perangkat tersebut. Salah satunya dan yang paling penting adalah, ponsel dijadikan sebagai alat transaksi pembayaran baru atau yang lebih dikenal sebagai mobile payment.

Berdasarkan data yang diberikan oleh Bank Indonesia, pada tahun 2017, transaksi uang elektronik di Indonesia mencapai angka Rp 1,14 triliun.

Dengan tingginya transaksi uang elektronik juga sebagai bukti bahwa momen di mana masyarakat mencari dompetnya untuk melakukan pembayaran.

Hal inilah yang menjadi alasan bagi pelaku usaha untuk mengadopsi mobile payment di bisnis mereka. Masih ragu mengintegrasikan bisnis Anda dengan mobile payment? Berikut merupakan manfaat yang bisa didapatkan ketika menggunakan mobile payment.

1. Memberi Kemudahan pada Pelanggan

Perlu ditekankan kembali, salah satu kunci sukses menjalankan bisnis adalah kemudahan dan efisiensi yang ditawarkan kepada pelanggan dalam memberikan pelayanan yang memuaskan.

Banyak masyarakat yang sudah siap beralih ke cashless society dengan menggunakan mobile payment untuk melakukan transaksi mulai dari membeli baju, makanan hingga membayar parkir.

Mobile payment diterima dengan baik karena kemudahan yang ditawarkan tanpa harus menunggu lama dalam membayar. Dengan menghadirkan mobile payment untuk pelanggan, Anda tidak hanya menghadirkan solusi pembayaran tetapi juga pengalaman terbaik dalam berbelanja di toko Anda.

2. Lebih Aman

Masih banyak masyarakat yang berasumsi bahwa transaksi melalui ponsel tidak aman. Padahal, penyedia layanan mobile payment sendiri telah menerapkan sistem otentikasi berlapis seperti, password, pin, kode OTP hingga sidik jari ketika mengakses akun tersebut.

Untuk melakukan pembayaran sendiri, banyak metode yang digunakan sehingga pengguna tidak perlu menunjukkan atau memberikan data pribadi ketika membayar.

Metode tersebut bisa berupa QR Code atau token yang mana keduanya bukan nomor kartu Anda sesungguhnya.

3. Membuat Bisnis Lebih Maju

Penelitian yang dilakukan olehBain & Co menunjukan bahwa pelanggan membayar dua kali lebih banyak melalui pembayaran digital dan cenderung berbelanja lebih sering jika mereka menggunakan mobile payment.

Menghadirkan mobile payment juga menunjukan bahwa bisnis Anda siap menerima teknologi modern dan ini menjadi nilai plus untuk para pelanggan Anda.

4. Kemudahan Mengetahui Kebiasaan Belanja Pelanggan

Ketika menjalankan bisnis, Anda membutuhkan sistem akutansi yang tidak hanya memberikan solusi untuk Anda tetapi juga pelanggan. Cazh Pos merupakan salah satu solusi aplikasi kasir online yang kini sudah terintegrasi dengan dua mobile payment di Indonesia yaitu OVO dan TCASH.

Dengan integrasi mobile payment di aplikasi Cazh, hal ini dapat membantu bisnis UKM untuk mendapatkan manajemen cash flow yang lebih baik.

Seringkali ketika bertransaksi Anda lupa mencatat transaksi yang ada sehingga dapat menyebabkan salah perhitungan dalam laporan penjualan.

Pencatatan transaksi juga dilakukan secara otomatis di sistem sehingga Anda dapat menghemat waktu lebih banyak.

Dengan pencatatan transaksi yang akurat, Anda bisa mendapatkan akses histori pembayaran pelanggan yang mana Anda bisa gunakan untuk mendapatkan analisa kebiasaan berbelanja mereka. Anda bisa mengetahui mana yang mereka sukai.

Memiliki akses ke histori transaksi mereka juga dapat memberikan Anda analisa yang presisi dalam menentukan upsell dan cross-sell produk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *